Pesta demokrasi daerah akan digelar serentak pada 9 Desember mendatang. Guna menyambut hal itu, Center for Election and Political Party (CEPP) Fisip UI bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelaar rock the vote Indonesia sosialisasi dan pendidikan politik pengawas Pilkada serentak.

CEPP Fisip UI dan Bawaslu RI ingin memastikan, mahasiswa-mahasiswa ikut memilih, memastikan dan mengawasi Pilkada Serentak berlangsung damai, bebas money politics dan bebas manipulasi suara. Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan, peran mahasiswa dalam penyelenggaraan Pilkada serentak terhitung penting.

“Karena 30 persen pemilih merupakan pemilih pemula yang berasal dari pelajar dan mahasiswa,” kata Muhammad dalam sambutannya, di Aula Terapung UI, Depok, Minggu (6/12/2015).

Sementara itu, Presiden CEPP UI, Chusnul Mar’iyah mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab yang diemban perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sebagaimana yang termuat dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Diperlukan peran mahasiswa, karena khawatir Pilkada serentak kali ini rawan pelanggaran, baik administrasi, kode etik penyelenggaraan Pilkada maupun pelanggaran tindak pidana,” ujar Chusnul.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 500 mahasiswa-mahasiswi perwakilan perguruan tinggi negeri atau swasta se-Jabodetabek dan Jawa Barat.

NO COMMENTS

Leave a Reply