Depok – Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP Universitas Indonesia bekerja sama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok menyelenggarakan kegiatan Rock The Vote Indonesia: Andai Aku Jadi Gubernur Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh oleh Kantor Kesbangpol untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama pada kalangan pemilih Millenial.

Rock The Vote Indonesia sebagai gerakan pendidikan politik bagi pemilih muda menggelar lomba orasi  bagi para siswa/siswi SMA/sederajat di Kota Depok. Lomba ini mengusung tema “Andai Aku Jadi Gubernur Jawa Barat”, dan diikuti oleh lebih dari 40 orang peserta dari SMA/Sederajat di Kota Depok. Kepala Kesbangpol Kota Depok, Drs. H. Dadang Wihana, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan ini penting untuk membangun kesadaran generasi millenial untuk berpartisipasi dalam Pilkada Jawa Barat 2018, dan Pemilu 2019 nanti. Lebih lanjut, Dadang menyebutkan bahwa  lomba orasi ini juga akan memicu kreatifitas dari anak muda, dan melatih kepekaan sosial mereka terhadap permasalahan di Kota Depok “Mereka ini generasi muda yang akan memimpin Kota Depok ini di masa depan. Kita ajak mereka untuk lebih memperhatikan masalah di sekitar mereka, dan berani untuk menyampaikan pendapatnya” ujar Dadang.

Reni Suwarso, PhD, selaku Direktur Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP Universitas Indonesia menjelaskan bahwa pendidikan politik bagi generasi milenial memiliki pendekatan yang khusus. Generasi Milenial yang sangat dinamis dan adaptif dengan perkembangan teknologi informasi tidak bisa didekati dengan cara-cara konvensional. Lebih lanjut, Reni menjelaskan bahwa “Rock The Vote Indonesia sebagai sebuah gerakan hadir untuk mengisi ruang tersebut. Disini kita belajar politik dengan cara anak muda. Menyenangkan dan santai. Sehingga, pespektif mereka tentang politik bisa berubah menjadi lebih baik”.

Para peserta lomba orasi ini juga memiliki suporter yang mendukung SMA mereka masing-masing. Yel-yel antar suporter sangat riuh dan menambah semangat perlombaan. Diharapkan dengan berlangsungnya kegiatan ini, para pemilih millenial ini mampu berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaraan Pilkada Jawa Barat 2018 dan Pemilu 2019.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply