Menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University menyelenggarakan program literasi politik “Rock the Vote Indonesia” untuk pemilih pemula di ruang seminar Gedung Intata, Kampus Tel-U, pada Rabu (21/3/2018).

Kegiatan literasi yang dihadiri sekitar 400-an peserta ini merupakan program kemitraan dengan Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat dan lembaga riset politik Centre for Election and Political Party Universitas Indonesia (CEPP-UI). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian sosialisasi pilkada yang sedang digiatkan oleh KPU Jabar untuk mengajak pemilih pemula menggunakan hak pilih mereka.

Berdasarkan data yang ada, Komisioner KPU Jabar Bidang Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Nina Yuningsih mengatakan, terdapat kenaikan hingga 20 persen pemilih pemula dari total 31,7 juta pemilih sementara.

“Dengan komposisi pemilih pemula yang besar, menjadi tanggung jawab kami untuk mengupayakan mereka menggunakan hak pilihnya,” ucap Nina.

Sementara itu, Direktur CEPP (Center for Election and Political Party) Universitas Indonesia, Reni Suarno menjelaskan Rock The Vote Indonesia merupakan gerakan internasional untuk pemilu semasa pilpres 2012 di Amerika Serikat. Gerakan ini mendorong anak-anak muda untuk tidak apatis dan pragmatis dalam pemilu. Gerakan ini pula yang diterapkan CEPP dalam melakukan sosialisasi Pilgub Jabar untuk pemilih pemula, termasuk di Telkom University.

NO COMMENTS

Leave a Reply