Sebanyak 174 peserta dari 130 Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon ditambah dengan segenap akademisi mengikuti kegiatan Electainment On Campus – RTVI di Gedung Auditorium Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rabu (4/4).

Kegiatan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih muda pada Pilgub Jabar 2018 ini dihadiri oleh dua pemateri dari Fisip Universitas Indonesia yakni DR Abdul Azis, SR dan Nina Yuningsih dari KPU Jabar Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat atas kerjasama dengan Rock The Vote Indonesia dari fasilitator Universitas Indonesia.

Kegiatan besutan Rock The Vote Indonesia yang dipanitiai oleh DR KH FARIHIN MPd ini, dibuka langsung oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, DR H Sumanta MAg dan kemudian dilanjutkan dengan acara diskusi panel yang diisi oleh KPU Jabar dan pembicara dari Universitas Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyampaikan, bahwa pemuda atau mahasiswa harus memiliki komitmen tinggi dalam demokrasi, terutama dalam Pilgub Jabar mendatang.

Rektor IAIN ini menjelaskan, sebagai khalifah, manusia bisa berbuat apa saja, karena memiliki hawa nafsu. Bahkan katanya, nafsu satu orang, bumi ini bisa dihancurkan, karena nafsu manusia itu selalu tak terhingga.

DR H Sumanta MAg juga berharap, dengan kegiatan ini ada pencerahan bagi pemilih pemula, agar tidak golput. Sebab masa depan bangsa ini, masa depan Jawa Barat nasibnya sangat ditentukan oleh semangat pemuda atau mahasiswa dalam berdemokrasi. Karena nilai dan bentuknya sangat ditentukan oleh kita sekarang.

“Pemuda atau mahasiswa akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Maka dengan ke aktifan kita, konstribusi kita dan potensi yang dimiliki, masa depan Jabar akan lebih cerah. Sebab masa depan itu ada di tangan kita, bukan di tangan mereka yang golput, mereka yang tidak aktif dan cuek terhadap keadaan yang terjadi,” paparnya.

Kehidupan demokrasi, lanjutnya, tidak bisa dilepas dari kehidupan kita sehari hari. Demokrasi itu cermin atau sarana atau transmisi yang bisa memberikan kehidupan pada keadilan dan bisa mengantarkan pada nilai-nilai keadilan.

“Maka tak kala kita ikut berdemokrasi, kita sudah menghantarkan pemimpin- pemimpin yang adil,” jelasnya, sambil berharap kegiatan ini agar disimak dan diikuti dengan baik agar bisa memberikan pencerahan.

Usai dilaksanakannya diskusi panel, peserta Electaiment On Campus pun dibawa ke halaman gedung Pasca Sarjana untuk menjalankan praktek pemungutan suara di TPS dengan baik dan benar.

Sumber: Koransidak.co.id

NO COMMENTS

Leave a Reply