Rock The Vote Indonesia III

Balairung Universitas Indonesia, Depok

Pendidikan Pemilih Muda Terbesar se-Indonesia | 14, 15 Agustus 2013

rtvi3

Kemerdekaan 17 Agustus 1945 peran Pemuda merupakan esensi yang paling penting dalam menentukan kemerdekaan Indonesia

Selama lebih dari 68 tahun Indonesia Merdeka, belum pernah ada pendidikan politik yang khusus memberikan pendidikan bagi kalangan pemilih muda di Indonesia. Selama itu pula Indonesia berjuang untuk membangun dan menuju apa yang dicita-citakan dan tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945. Kelompok Muda yang merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan kemerdekaan Indonesia malah pada perkembangannya semakin menjadi bagian yang kurang bahkan tidak terlalu dianggap penting dalam Pembangunan Politik di Indonesia. Semangat yang menyatukan Indonesia Modern telah ada semenjak lahirnya Sumpah Pemuda di tahun 1928. Kemudian, sejarah mencatat Kemerdekaan 17 Agustus 1945 peran Pemuda merupakan esensi yang paling penting dalam menentukan kemerdekaan Indonesia. Ketika mempertahankan kemerdekaan dimasa Revolusi Fisik, peran pemuda merupakan tulang punggung Bangsa Indonesia. Lalu, Pemuda juga yang menjadi elemen dari runtuhnya Orde Lama dan munculnya Orde baru. Pemuda juga yang mengakhiri kekuasaan Orde Baru dan memulai bahtera Reformasi.

Dalam bahtera Reformasi tersebut, gelombang dan arus ganas seringkali bergejolak dan menerpa Bangsa ini. Demokrasi terus mengalami ujian yang membahayakan keteguhannya dalam menciptakan kondisi politik dan kesejahteraan yang baik bagi Bangsa ini. Salah satu instrumen demokrasi yakni Pemilu yang semenjak era Reformasi telah diadakan sebanyak tiga kali terus menerus mengalami penurunan tingkat partisipasi pemilih. Semenjak Pemilu 1999 hingga Pemilu 2009 tingkat partisipasi masyarakat khususnya kalangan Pemilih Muda terus merosot. Hal yang paling dikhawatirkan ialah ketika Pemilu 2014 nanti, apakah partisipasi Pemilih Muda akan menurun lebih tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dalam hal ini, Pemerintah dan elemen Partai Politik belum mampu memberikan Pendidikan Politik yang bermakna. Kemudian manuver, saling intrik, dan kasus-kasus kriminal yang malah lebih sering dimunculkan dalam politik. Masyarakat menjadi apatis terhadap politik, kalangan Muda malah semakin takut dan menjauh dari Politik. Jika keadaan hal ini terus dibiarkan maka jangan harap demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan baik. Kesejahteraan sosial bisa jadi tinggal angan-angan. Aktif dalam berpartisipasi dalam hal ini sangat besar artinya karena 53 juta suara jika semuanya memilih secara serempak dalam Pemilu akan bisa memenuhi 2/3 kursi di DPR RI bahkan bisa menjadikan seseorang kandidat menjadi Presiden. SBY saja di 2009 terpilih jadi presiden hanya dengan bermodalkan 21 juta suara aja.

Apakah partisipasi Pemilih Muda akan menurun lebih tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya?

Untuk itulah pada 15 Agustus 2013, sebuah sejarah baru telah terukir pada Bangsa ini dengan diadakannya Pendidikan Pemilih Muda Pertama dan Terbesar di Indonesia yang dilaksanakan oleh Rock the Vote Indonesia di bawah naungan Center For Election and Political Party (CEPP) FISIP UI. Acara tersebut diikuti oleh lebih kurang 8.500 Mahasiswa dan Mahasiswi Baru Universitas Indonesia. Acara ini sendiri dihadiri oleh Pimpinan dari lembaga demokrasi di Indonesia seperti dari elemen Pimpinan MPR RI ada Bapak Drs. Hajriyanto Y. Thohari, MA., Pimpinan DPR RI Bapak Ir. H. Pramono Anung, MM., dan Perwakilan KPU RI Bapak Sigit Pamungkas, S.IP, MA. Pada acara tersebut Mahasiswa dan Mahasiswi Baru Universitas Indonesia mendapatkan pendidikan politik khususnya pendidikan Pemilih Muda.
Acara ini diharapkan menjadi sebuah garis permulaan untuk selanjutnya membangun dan memajukan kehidupan politik yang baik di Indonesia. Acara ini juga menjadi sebuah titik awal dari komitmen kelompok Muda Indonesia untuk aktif dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu dan menghindari sikap yang apatis, masa bodoh, dan golput terhadap pemilu. Perjuangan Kelompok Muda barulah dimulai dan akan terus berjuang hingga terwujudnya dan terpeliharanya cita-cita luhur Bangsa ini yang tertuang dalam Pancasila dan UUD RI 1945.

Semangat wahai Pemilih Muda, Rock The Vote Indonesia!!!!!!!


To Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>