RTVI Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Rock The Vote Indonesia – Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

palu
Senin, 10 Maret 2014 menjadi momen bersejarah bagi Pemilih Muda di Kalimantan Selatan, terutama mereka yang berada di Kota Banjarmasin dan mengikuti acara Rock The Vote Indonesia Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Kampus Universitas Lambung Mangkurat, Kayu Tangi, Banjarmasin. Acara ini terselenggara atas kerjasama antara Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Center for Election and Political Party Universitas Lambung Mangkurat.
Acara dimulai pada pukul 09:30 WITA dan dibuka oleh pihak Ditjen Kesbangpol Kemendagri. Acara kali ini dibagi kedalam tiga sesi, diskusi bawah pohon, election mock, dan sesi hiburan yang diisi dengan teater tradisional khas Banjar, Mamanda. Sesi pertama, diskusi bawah pohon difasilitasi oleh mahasiswa Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat, peserta RTVI yang rata-rata masih siswa SMA terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari tutor mengenai apa itu politik, mengapa kita harus memilih, apa itu demokrasi dan apa itu partai politik. Sesi kedua, setelah mendapatkan pemahaman dasar tentang mengapa pemilih muda harus memilih, dan bagaimana cara menjadi Pemilih Cerdas. Peserta RTVI melakukan election mock yaitu simulasi Pemilihan Umum, peserta RTVI diajak melakukan simulasi pencoblosan, dengan kertas suara, bilik suara dan kotak suara yang nanti akan digunakan pada Pemilu 2014.
Sesi ketiga dilaksanakan setelah istirahat makan siang, peserta diajak untuk menyaksikan teater tradisional khas Banjar bernama Mamanda, yang melakonkan cerita bertema Pemilihan Patih di Kerajaan Banjar. Sebagai penutup, peserta RTVI diajak untuk menandatangani Deklarasi Pemilih Muda, komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu dan menjadi Pemilih Cerdas.

Acara ini juga menjadi sebuah titik awal dari komitmen kelompok Muda Indonesia untuk aktif dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu dan menghindari sikap yang apatis, masa bodoh, dan golput terhadap pemilu. Perjuangan Kelompok Muda barulah dimulai dan akan terus berjuang hingga terwujudnya dan terpeliharanya cita-cita luhur Bangsa ini yang tertuang dalam Pancasila dan UUD RI 1945.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>