RTVI Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah

Rock The Vote Indonesia – Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah

Ditjen Kesbangpol Kemendagri bekerjasama dengan CEPP Universitas Diponegoro pada 25 Maret 2014 yang lalu berhasil menyelenggarakan Rock The Vote Indonesia Semarang, di Kampus FISIP Undip, Tembalang yang dibuka oleh Direktur V Ditjen Kesbangpol, Bahrum Alamsyah Siregar, M.Si. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, MM., dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, SH. Dalam kegiatan RTVI Semarang kali ini dihadiri oleh sekitar 500 peserta, yang berasal dari SMA/sederajat dari berbagai wilayah, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Ungaran, Kabupaten Salatiga, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Kudus. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Lomba Musikalisasi Puisi, Tari Saman dan seni kontemporer Marching Blek.

Dalam kegiatan RTVI Semarang ini juga dihadiri oleh Partai Politik dalam Politcal Party Expo, dimana partai politik diberikan kesempatan untuk menjelaskan visi, misi dan platform partai mereka, tetapi tetap menjaga agar mereka tidak melakukan tindakan-tindakan kampanye. Selain 12 partai politik, tidak lupa penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu juga diberikan kesempatan untuk menjelaskan tugas dan fungsi pokok mereka. Sayangnya, kesempatan ini tidak dimanfaatkan sebaik mungkin oleh partai politik, hal ini terlihat dari rendahya tingkat partisipasi mereka dalam acara tersebut.
Diskusi Bawah Pohon dalam RTVI Semarang kali ini difasilitasi oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan Undip berkolaborasi dengan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Undip. Dalam kesempatan ini, para tutor menjelaskan kepada peserta RTVI tentang apa itu politik, demokrasi, Pemilu, partai politik dan mengapa pemilih muda harus berpartisipasi dalam Pemilu. Peserta juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memiih yang benar, dan cara menjadi pemilih yang cerdas.

Acara RTVI Semarang ini ditutup dengan pengumuman pemenang Lomba Musikalisasi Puisi dan sambutan yang diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Tidak lupa, para peserta RTVI menandatangani petisi untuk menjadi Pemilih Cerdas melalui Wall of Rock.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>